Minggu, 21 Juli 2013

Desa Karang Mulya, Kab. Tegal - IPB Goes To Field 2013


A.    Kondisi Umum Wilayah
Desa Karang Mulya adalah sebuh desa yang terletak di kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Secara umum kondisi wilayah desa Karang Mulya masih tertinggal jika di bandingkan dengan desa-desa lain di kecamatan Bojong. Tingkat pendidikan penduduk masih rendah (mayoritas penduduk adalah tamatan SD). Kondisi jalan desa berbatu dan masih dalam proses perbaikan. Hampir 90% penduduk bermata pencaharian sebagai petani, dengan mayoritas petani adalah orang tua. Sedangkan untuk anak muda desa banyak yang merantau ke luar daerah (kebanyakan merantau ke Sulawesi dan berjualan nasi goreng). Mengenai produk pertanian, yang menjadi mayoritas di desa Karang Mulya adalah bahan pangan seperti padi dan jagung dan kebanyakan untuk konsumsi sendiri. Selain itu di desa Karang Mulya koneksi internet masih sulit untuk ditemui.

B.     Pelaksanaan dan Output Kegiatan
Kegiatan yang kami lakukan selama tiga minggu pelaksanaan program IPB Goes To Field dan Mahasiswa Mengabdi Universitas Paramadina 2013 di desa Karang Mulya Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal adalah sebagai berikut :
a.              Melakukan survei ke para petani.
Survei disini dilakukan dengan cara berinteraksi secara langsung dan memberikan pertanyaan-pertanyaan di dalam kuesioner kepada para petani di desa Karang Mulya. Kegiatan ini dilakukan selama tiga minggu pelaksanaan program dengan cara mengunjungi dan bertanya langsung kepada para petani di sawah.
b.             Membuat peta desa Karang Mulya.
Pembuatan peta desa Karang Mulya merupakan permintaan dari bapak kepala desa Karang Mulya. Peta desa disini bukanlah peta secara lengkap melainkan sebuah peta sederhana yang menggambarkan denah desa dan di buat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Proses pembuatan peta sederhana masih berlangsung dan masih dalam proses penyempurnaan.
c.              Pelatihan komputer untuk pamong desa.
Pelatihan komputer bagi pamong-pamong desa di fokuskan pada praktik penggunaan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel yang nantinya berguna bagi keperluan administrasi desa seperti surat menyurat, pendataan warga, dan lain-lain. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada pada tanggal 4, 5, dan 6 Juli 2013. Sekedar informasi, di desa Karang Mulya ada sebuah komputer, akan tetapi komputer hampir tidak pernah digunakan karena pamong desa belum menguasai cara menggunakan komputer. Karena kami hanya berempat dan hanya membawa 4 laptop, maka pelatihan komputer selama tiga hari difokuskan pada 4 pamong yang sering bertugas mengurus administrasi. Sedangkan pamong desa yang lain yang tidak kebagian memperhatikan dari sisi kanan dan kiri. Untuk pedoman kami juga membuat modul dasar mengenai tata cara penggunaan Microsoft Word dan Microsoft Excel yang disertai dengan gambar. Modul tersebut telah di print dan ditinggal di desa sehingga sewaktu-waktu bisa digunakan dan dipelajari secara otodidak oleh pamong.
d.             Pembuatan majalah dinding untuk desa.
Pembuatan majalah dinding bagi desa dimaksudkan agar segala informasi tentang desa bisa disebarluaskan secara langsung kepada masyarakat melalui media tulis. Masyarakat bisa membaca setiap informasi terbaru mengenai kegiatan desa, informasi mengenai hama, pupuk, dan lain lain. Informasi yang ditempel di majalah dinding bisa juga mengenai informasi dunia luar yang sumbernya berasal dari surat kabar (desa Karang Mulya mulai berlanggananan koran). Selain itu ada maksud khusus dari kami yaitu untuk menumbuhkan budaya membaca bagi warga desa Karang Mulya. Majalah dinding untuk desa dipasang di depan kantor kepala desa Karang Mulya.
e.              Pembuatan majalah dinding untuk madrasah Ibtidaiyah (MI)
Pembuatan majalah dinding untuk madrasah di maksudkan sebagai media penampung kreatifitas untuk anak-anak madrasah. Kreativitas anak-anak seperti kemampuan menulis, membuat kaligrafi dan lain-lain diberikan wadah khusus dalam bentuk majalah dinding sebagai bentuk apresiasi. Dari hal tersebut diharapkan segala bentuk kreativitas yang dimiliki oleh anak bisa terus berkembang sehingga nantinya bisa berguna bagi mereka dimasa depan. Majalah dinding untuk madrasah dipasang di depan madrasah.
f.              Pelatihan internet.
Pelatihan internet bertujuan sebagai fondasi terlaksananya program Cyber Extension di desa Karang Mulya. Peserta dari pelatihan internet adalah 6 orang pemuda dan pemudi desa Karang Mulya yang berpotensi dan peduli dengan kemajuan desa khususnya di bidang pertanian. Pelatihan internet dilaksanakan pada tanggal 9, 10, dan 11 Juli 2013. Adapun kegiatan yang kami lakukan adalah belajar cara membuat dan menggunakan email, membuat dan menggunakan media sosial seperti facebook dan twitter, membuat dan mengelola blog, dan cara menggunakan mailing list (milis). Berhubung pelatihan internet tidak memungkinkan untuk dilaksanakan di desa (terkendala sulitnya koneksi internet), maka pelatihan internet kami selenggarakan di sebuah warung internet (warnet) di kecamatan Bojong.
g.             Literasi media bagi ibu-ibu jam’iyah.
Literasi media diselenggarakan pada tanggal 8 Juli 2013 dengan peserta adalah ibu-ibu jam’iyah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan mengenai pentingnya kontrol orang tua atas konsumsi konten media bagi anak-anak. Seperti yang telah kita ketahui, tidak semua konten di media bersifat positif dan membangun. Ada juga konten media yang bersifat negatif dan merusak.
Kegiatan ini kami rasa penting untuk diselenggarakan karena di desa Karang Mulya anak-anak sering menonton dan menyukai tayangan sinetron yang di dalamnya sering kita jumpai nilai-nilai negatif seperti adegan antar tokoh yang saling memfitnah dan lain-lain. Oleh karenanya kami rasa diperlukan adanya penyuluhan mengenai pentingnya bimbingan dari orang tua untuk menyaring konten-konten negatif dari media yang di konsumsi oleh anak-anak. Dari 47 undangan yang disebarkan, ada 32 ibu yang hadir.
h.             Children’s day.
Acara children’s day diselenggarakan pada tanggal 7 Juli 2103 dengan peserta adalah anak-anak tingkat TK dan Sekolah Dasar di desa Karang Mulya. Children’s day bertempat di depan kantor kepala desa Karang Mulya. Acara dibagi menjadi dua kategori. Kategori pertama adalah untuk anak mulai dari kelas 4 SD keatas (sampai SMP) dan kategori kedua adalah mulai kelas 3 SD kebawah (hingga TK).
Acara Children’s day di lanjutkan dengan acara nonton bareng film ‘Lima Elang’. Terhitung ada 39 anak yang mengikuti kegiatan Children’s day  sedangkan yang lain yang tidak terdaftar sebagai peserta menjadi penonton.